Bacaan Gharib dalam Al Qur'an (bagian 2)

5. Mad atau Qashr

Seperti yang telah diketahui bersama, mad artinya memanjangkan bacaan, sedangkan qashr artinya memendekkan bacaan Al Qur'an. Permasalahan mad dan qashr timbul akibat adanya kekeliruan dalam bacaan Al Qur'an yang di-mad-kan atau di-qashr-kan pada lafadz tertentu, seperti bacaan yang seharusnya dibaca mad, tetapi dibaca qashr (pendek) ataupun sebaliknya.

dalam ilmu al-ashwat, terdapat lafadz-lafadz yang dibaca pendek/qashr ketika washal dan dibaca mad/panjang ketika waqaf. lafadz-lafadz tersebut antara lain :

1. lafadz اَنَا 
a. Q.S. An-Nahl ayat 2

يُنَزِّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةَ بِالرُّوْحِ مِنْ اَمْرِهٖ عَلٰى مَنْ يَّشَاۤءُ مِنْ عِبَادِهٖٓ اَنْ اَنْذِرُوْٓا اَنَّهٗ لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاتَّقُوْنِ

b. Az-Zukhruf ayat 81.

قُلْ اِنْ كَانَ لِلرَّحْمٰنِ وَلَدٌ ۖفَاَنَا۠ اَوَّلُ الْعٰبِدِيْنَ


2. lafadz laakinnaa
surat Al-Kahfi ayat 38
لٰكِنَّا۠ هُوَ اللّٰهُ رَبِّيْ وَلَآ اُشْرِكُ بِرَبِّيْٓ اَحَدًا
lafadz walaakinnaa tetap dibaca panjang, pada surat Al_qasas ayat 45.
3. 

0 Komentar